Tips yang perlu diperhatikan dalam mengadakan online auction , lelang online di facebook.

2015-06-03_223946

 

Beberapa tips yg perlu di perhatikan dalam mengadakan lelang online khususnya diecast di facebook :

  1. Beri label tiap-tiap barang, menggunakan sticker label, dan di print, agar nomornya jelas
  2. siapkan ministudio foto, serta pencahayaan yang cukup agar foto yg dihasilkan jelas, hindari flare cahaya,
  3. sebelum hari H pengupload an, ada baiknya barang yg akan di lelang di sounding dulu, menu-menunya, di foto alakadarnya secara keseluruhan, dan sebarkan di grup-grup diecast.
  4. Siapkan trafik untuk registrasi alamat dan konfirmasi pembayaran, sehingga para biders dapat meregistrasikan dahulu alamat lengkapnya, jadi ini dapat mempercepat untuk menghitung ongkos kirim
  5. Harus sudah siap dengan dus pengiriman, lakban, serta koran untuk packing pada saat closing nanti
  6. Stamina, waktu, pikiran dan tenaga harus stanby, usahakan cari waktu yg pas misalnya pada saat liburan weekend, atau pada saat hari kejepit nasional
  7. Mengupload barang sesuai kemampuan menghandlenya, jangan sampai memaksakan diri, nanti akan berakibat buyer kecewa, karena slow response, delay pengiriman ataupun hal lainnya.
  8. Pada saat lelang berjalan, share item per item, ke facebook group, timeline, dan juga manfaatkan fitur mention ataupun tag, untuk memberi tahu rekan dan teman kita bahwa kita sedang melelang barang koleksi diecast,
  9. Beberapa bider memang ada yg ketus, cuek, usahakan jangan di ambil hati, harus tetap sabar, senyum, ramah, dalam berbalas pm dan komunikasi.
  10. Pada saat pengiriman, kalau bisa minta pihak kurir pengiriman jemput ke rumah kita, ataupun bisa juga cari agen pengiriman yg dekat dengan rumah atau kantor, sehingga semua proses pengiriman berjalan sesuai waktu, dan tidak ada delay.
  11. Setidaknya 2-5 orang asisten membantu anda dalam hal packing, sortir barang, foto barang, singkronisasi mutasi rekening bank, pengeprint an alamat, pengantaran paket dari rumah ke agen kurir jasa pengiriman, rekap hasil lelang, invoicing, penagihan, serta submit resi ke buyer. karena hal ini harus jalan secara bersamaan, sehingga tidak ada slow response.
  12. Untuk yang belum pernah mengadakan lelang , mencoba melelang 50 pcs item barang s/d 100 pcs adalah awal start yg bagus untuk belajar.
  13. Pastikan tidak salah kasih harga ongkos kirim barang,
  14. Keterangan-keterangan lelang harus jelas, mutlak , tidak rancuh, sehingga biders dapat nyaman bidding di tempat lelang anda.

Selamat mencoba

 

Post Tagged with

Comments are closed.