istilah dalam dunia diecast


Istilah dalam Dunia Diecast, 
Bagi anda yang sering berbelanja melalui forum atau Online Store terutama di luar negeri, info ini mungkin akan bermanfaat bagi anda. Tidak jarang kita temukan para penjual memberikan istilah  untuk menggambarkan kondisi tertentu pada barang dagangannya. Berikut informasi yang mudah-mudahan bermanfaat bagi anda, Yuk disimak..

  • Mint dapat diartikan mulus/sama seperti bawaan pabrik
  • MIB = Kependekan dari ‘Mint In Box’. Maksudnya adalah barang atau item yang dijual dalam kondisi ‘mint’ dan berada dalam kotak aslinya, namun bisa saja terdapat cacat pada box-nya seperti robek/ada bekas tergores/sobekan selotip/penyok atau lainnya. Atau mungkin seal asli dari pabriknya pernah dibuka untuk melihat isinya namun kemudian di-seal lagi. Jadi jangan marah kalau ada seller yang menjual barang dengan kondisi MIB tapi box-nya ngga perfect.
  • MISB = Mint In Sealed Box. Ini grade-nya lebih tinggi dari MIB. Memiliki arti bahwa baik item maupun box-nya berada dalam kondisi mint/perfect. Seal pertama dari pabriknya tidak pernah dibuka sama sekali.
  • MOC = Mint On Card. Sama seperti MIB, namun box diganti dengan kata ‘card’. Maksud dari ‘card’ ini adalah cara packaging dari figur-figur barat di mana ada bagian ‘papan’ dari karton dan untuk membungkus isinya menggunakan mika (contohnya Hot Wheels, Johnny Lightning, Matchbox, dll). ‘Card’ ini juga ada yang menyebutnya ‘blister’.
  • MOSC = Mint On Sealed Card. Sama juga seperti MISB, ‘card’ maupun isi barangnya sama-sama baru.
  • NRFB = Never Removed From Box. Sama seperti artinya, yaitu barangnya tidak pernah dikeluarkan dari box sehingga belum pernah dipegang-pegang oleh siapapun. Istilah ini jarang digunakan seller di Indonesia.
  • NOS = New Old Stock. Istilah yang juga jarang dipakai seller di Indonesia. Artinya adalah barang ini merupakan barang lama, yang karena satu atau lain hal, baru diketahui oleh seller bahwa dia memiliki barang tersebut. Jadi kondisinya baru/mint tapi box-nya bisa saja penuh debu karena merupakan barang yang sudah disimpan sejak lama.
  • BIB = Back In Box. Sesuai artinya yang berarti dimasukan kembali ke box, biasanya si penjual hanya membuka figur ini sekali untuk dipajang beberapa saat namun setelah itu dikembalikan ke box aslinya. Biasanya untuk BIB ini hanya figurnya yang dipajang, namun aksesori masih tetap pada tempatnya. Walaupun pada dasarnya barang bekas, tapi BIB secara logika bisa dibilang kualitasnya lebih baik.
  • Loose = Terjemahan bebas dari Loose biasanya “batangan”, sama seperti handphone dimana dijualnya merupakan barang bekas dan tidak pakai box atau hanya isinya saja. Istilah rokoknya: ketengan. Ya, kebanyakan seller memakai kata ‘loose’ dalam artian jual tanpa box.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *