Langkah Awal Membuat Business Plan Jualan Online

Berikut beberapa tips singkat dalam membuat rencana usaha sebuah toko online.

ko online sebaiknya tak perlu buru-buru memikirkan secara rinci dan acak tentang hal-hal atau langkah-langkah yang harus ia lakukan. Pertama, ia wajib memikirkan tujuan besar dari bisnis yang ia jalankan (visi). Dari sana, ia bisa mendefinisikan prioritas-prioritas utama yang harus dilakukan dalam waktu dekat untuk membuka toko online berdasarkan visi yang sudah dibuat di awal.

Jangan menulis anggaran berdasarkan asumsi. Calon penjual sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu seperti apa kondisi ‘medan perang’ yang sesungguhnya. Mulai dari market-nya seperti apa, siapa yang akan menjadi pelanggannya, hingga siapa dan seperti apa kompetitornya.

Mendefinisikan karakteristik dan kebutuhan pembeli di rencana usaha sebaiknya tidak sebatas asumsi di otak saja. Ini akan membuat rencana usaha yang dibuat ‘meleset’ untuk diterapkan saat menjalankan bisnis online. Analisa calon pembeli. Kalau perlu, ajaklah seseorang yang dianggap mewakili karakteristik target audience untuk mengobrol dan menggali insight.

online. Tetapi untuk menemukan kemungkinan-kemungkinan seperti apa yang bisa dihadapi dan strategi untuk menghadapi kemungkinan resiko tersebut.

Jangan menutup mata pada kompetitor. Calon penjual sebaiknya bisa mendefinisikan siapa kompetitornya dan bagaimana cara mereka mengelola bisnis yang serupa. Dari kompetitor, penjual bisa saja menemukan informasi tentang apa-apa saja yang harus dilakukan dan yang harus dihindari.

Walaupun menjadikan kompetitor sebagai sumber strategi menjalankan toko online, calon penjual jangan sampai melupakan keunikan produk yang akan dijual. Keunikan atau keunggulan ini yang nantinya bisa menjadi energi untuk bertahan di market.

Anggarkan biaya-biaya yang tidak terduga. Walaupun tak besar jumlahnya, biaya tak terduga akan bermanfaat di kemudian hari.

Tanyakan opini orang lain tentang rencana usaha yang telah dibuat. Misalnya, apakah rencana usahanya sudah cukup atau justru berlebihan.

Semua rencana usaha akan berguna ketika calon penjual bertekad untuk memulai bisnisnya. Jadi, setelah menuangkan pikiran untuk rencana usaha, segera terapkan di kehidupan nyata.

***

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *